Chaidarabdullah’s Weblog

KOFI ANNAN AKAN PIMPIN PBB MENUJU ABAD MENDATANG

Posted on: Mei 14, 2008

       Oleh Chaidar Abdullah

        Jakarta, 14/12 (ANTARA) – Di penghujung 1996 diplomat berkepala dingin dari Ghana Kofi Annan akan memimpin PBB setelah melewati jalur pemilihan berliku dan riskan; ia akan menggantikan diplomat Mesir Boutros Boutros-Ghali –yang pencalonan bagi masa jabatan keduanya diganjal AS.

        Annan (58) dan tiga calon lain dari negara-negara berbahasa Perancis memasuki arena setelah Boutros-Ghali menyisih 4 Desember lalu.

        Ia telah memangku berbagai jabatan PBB di seluruh dunia sebelum menjadi wakil sekretaris jenderal urusan operasi pemelihara perdamaian Maret 1993.

        Diplomat Ghana tersebut pernah menjadi direktur personalia, koordinator keamanan, direktur anggaran, manajer program, eksekutif badan pengungsi dan pengawas, dan pernah pula bertugas di Addis Ababad, Kairo, serta New York selama 30 tahun terakhir ini.

        Annan pada Jumat (13/12) mendapat dukungan bulat semua anggota Dewan Keamanan PBB dalam pemungutan suara tak resmi, setelah Perancis mencabut keberatannya.

        Masalah sekretaris jenderal PBB menjadi rumit setelah Amerika Serikat pada November memveto Boutros-Ghali untuk masa jabatan kedua. Sejak Juni, pemerintah Presiden Bill Clinton telah menyatakan akan memveto pencalonan kembali Boutros-Ghali dengan alasan, diplomat Mesir itu “tak dapat mengekang pengeluaran PBB”.

        Washington bahkan mengancam bahwa jika Boutros-Ghali terpilih lagi, AS takkan membayar tunggakkannya sebesar 1,3 miliar dolar AS kepada badan dunia tersebut.

        Belakangan Perancis, yang tak puas dengan tindakan brutal AS menolak masa jabatan kedua Boutros-Ghali –yang mendapat dukungan Paris— memperlihatkan penentangan atas pencalonan Annan, yang mendapat dukungan Washington.

        Meskipun demikian Paris, seperti juga tindakan AS terhadap Boutros-Ghali, tak pernah menyebutkan secara terbuka penentangannya atas Annan.

        Keputusan Washington menentang Boutros-Ghali, menurut AFP “tak ada sangkut-pautnya dengan pribadi diplomat Mesir tersebut”. Perancis mengikuti langkah itu dan menyatakan, keberatannya sama sekali tak berkaitan dengan pribadi Annan –orang yang justru diajak bekerjasama oleh Paris selama upaya penyelesaian konflik Bosnia.

        Tindakan Perancis mencabut keberatannya atas Annan mengundang tandatanya, sebab sebelumnya Paris berkeras bahwa calon sekretaris jenderal PBB harus berasal dari negara-negara Afrika berbahasa Perancis.

        Duta Besar Perancis untuk PBB, setelah Dewan Keamanan menyetujui pencalonan Annan, dilaporkan hanya berkomentar bahwa “kami mendapat jaminan bahwa prinsip-prinsip Piagam PBB akan dihormati”.

        PBB perlu pembaruan

        Ketika mengomentari pemilihan Annan, Clinton hari Jumat diberitakan memuji keputusan itu dan mempertahankan keputusannya menolak pemilihan kembali Boutros-Ghali sebagai “tindakan yang benar” untuk menghasilkan pembaharuan yang diperlukan dalam PBB.

        Clinton menyebut Annan “seorang manajer enerjetik yang cakap … dan pilihan yang tepat bagi pembaharuan”.

        Dengan alasan PBB memerlukan “pembaharuan berjangkauan luas”, Clinton –sebagaimana dilaporkan Reuter– menyatakan bahwa ia percaya “PBB harus mempunyai seorang pemimpin yang terikat komitmen pada semua sasaran ini”.

        Clinton mengakui, keputusannya menentang pencalonan kembali Boutros-Ghali adalah keputuan kontroversial, “tapi itu adalah tindakan yang tepat”.

        Meskipun memuji Boutros-Ghali sebagai “orang terhormat yang telah meniti karis besar”, Clinton menyatakan, “Kita harus mempersiapkan PBB menghadapi tuntutan selama 50 tahun mendatang.”

        Clinton juga berjanji akan bekerjasama dengan Kongres AS agar mau memenuhi kewajiban Amerika kepada PBB dan “melunasi tunggakan kami”.

        Tindakan AS tersebut diikuti oleh Inggris, yang hari Sabtu dilaporkan menerima baik pemilihan Annan sebagai sekretaris jenderal PBB selanjutnya.

        Menteri Luar Negeri Inggris Malcolm Rifkind, dalam suatu pernyataan yang dikutip Reuter, menyatakan, “Saya sangat menghormati Annan. Selama bertahun-tahun kami telah bekerjasama dengan dia.”

        Rifkind berpendapat, Annan memiliki pengalaman luas di PBB dalam segala bidang termasuk adminstrasi dan keuangan serta masalah politik utama.

        Jika disetujui Majelis Umum PBB, Annan akan menjadi orang pertama yang muncul sebagai sekretaris jenderal PBB setelah meniti karir di badan dunia itu.

        Saat penyembuhan

        Seusai persetujuan oleh Dewan Keamanan, Annan berjanji akan berusaha memulihkan kepercayaan kepada PBB, menyelesaikan masalah keuangannya dan meningkatkan wewenang moril serta politik badan dunia tersebut.

        “Bulan Januari kami harus memasuki masa penyembuhan,” demikian komentar diplomat Ghana itu yang memperistri artis dan pengacara kelahiran Swedia bernama Nane Lagergren.

        Sebelumnya Annan menyeru Amerika Serikat agar melunasi utangnya kepada badan dunia tersebut.

        “Saya berharap akan dapat bekerjasama dengan pemerintah baru AS … akan dapat meyakinkan AS agar bersedia membayar utangnya,” kata Annan dalam wawancara dengan jaringan televisi CNN.

        Dengan menahan iurannya, AS, menurut Annan, menyinggung perasaan kawan-kawan dan lawan-lawannya.

        Orang tak dapat mengelola suatu organisasi secara efektif dengan anggaran yang menjerat leher, kata ayah tiga anak itu.

        Annan, yang akan memimpin badan dunia yang seringkali dituding ingin menggigit lebih banyak dari yang dapat kunyahnya, menyatakan bahwa pemetaan masa depan PBB akan memerlukan konsensus dan kerjasama di kalangan semua anggotanya. (14/12/96 18:59)

 

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: