Chaidarabdullah’s Weblog

MASYARAKAT DUNIA HADAPI ANCAMAN KEKURANGAN PANGAN, PERUBAHAN IKLIM

Posted on: Mei 20, 2008


    Kekurangan pangan, perubahan iklim dan wabah influenza adalah tiga krisis global yang membayangi dunia, kata Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Dr. Margaret Chan, Senin (20/5/08).
    “Ketiganya adalah ancaman keamanan internasional …Di antara ketiganya, kesehatan manusia akan menghadapi ancaman paling berat,” kata Chan kepada delegasi Sidang Majelis Kesehatan Dunia (WHA) Ke-6, sebagaimana dilaporkan media internasional.
    Chan mengatakan rakyat miskin menghadapi pukulan paling keras akibat melonjaknya harga pangan.
    “Makin banyak uang yang dibelanjakan pada makanan berarti makin kurangnya uang yang tersedia bagi perawatan kesehatan, terutama bagi berjuta-juta keluarga miskin yang bergantung atas penghasilan yang tak cukup saat mereka sakit,” katanya.
    Krisis kedua yang mengancam secara masyarakat global ialah perubahan cuaca, yang juga akan paling keras menghantam rakyat miskin.
    “Sepanjang abad ini, peningkatan suhu di planet ini akan berlangsung bertahap. Namun dampak peristiwa ekstrem cuaca akan mendadak dan sangat terasa,” katanya.    
    Chan juga menekankan adanya ancaman wabah influenza. “Ancaman tersebut sama sekali tak berkurang, dan akan tidak bijaksana untuk menurunkan kewaspadaan kita, atau mengurangi langkah kesiapan kita,” katanya.
    Ketiga ancaman tersebut menempati posisi teratas dalam agenda sidan enam hari WHA, yang diikuti oleh semua 193 negara anggota WHO.
    Masalah lain yang direncanakan ditangani selama pertemuan itu meliputi pencegahan dan pengendalian penyakit yang tak menular, produk medis tiruan, penggunaan berbahaya alkohol, sunat bagi perempuan, penyakit lumpuh pada anak-anak, dan simpanan virus cacar.  

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: