Chaidarabdullah’s Weblog

PENELITI AS TEMUKAN KELUARGA BARU TOKEK

Posted on: Mei 23, 2008

        Para peneliti AS telah menemukan satu keluarga baru tokek, temuan yang diduga akan memiliki dampak bagi teknologi dan lingkungan hidup.

        Para peneliti dari University of Minnesota dan Villanova University, Kamis (22/5/08), melaporkan bahwa mereka telah menamakan keluarga baru tokek tersebut “Phyllodactylidae”, yang merujuk kepada jari kaki yang berbentuk daun milik banyak spesies dalam kelompok itu (“phyllo” berarti “daun” dan “dactyl” berarti “jari”).

        Keluarga baru itu terdiri atas 103 spesies yang ditemukan di wilayah tropis dan setengah kering di Afrika Utara, Timur Tengah, Amerika Selatan dan Utara serta Karibia.

        Banyak ilmuwan telah lama tertarik pada tokek dan perkembangan mereka karena hewan tersebut adalah petunjuk penting keragaman hayati dan ditemukan di hampir setiap benua.

        Mereka juga tertarik pada tokek karena telapak kaki hewan itu yang lengket, yang memungkinkan mereka untuk memanjat permukaan yang kasar atau licin –ciri khas yang mungkin memiliki implikasi pada manusia di bidang obat-obatan, layanan pertolongan darurat dan industri militer.

        Tim peneliti tersebut juga merangkai DNA dari 44 spesies tokek dan menggunakan data genetika untuk menata-ulang pohon keluarga hewan itu.    

       Klasifikasi baru tersebut berbeda dari klasifikasi sebelumnya, yang semata-mata dilandaskan atas susunan kaki.  

       “Klasifikasi yang dilandasi pada susunan makanan akan melacak tekanan selektif pada kaki dan bukan merupakan sejarah evolusi sesungguhnya,” kata Tony Gamble dari University of Minnesota, sebagaimana dilaporkan media internasional. Ia percaya bahwa temuan mereka akan memberi tambahan secara lebih akurat pada pohon keluarga tokek yang, pada gilirannya, akan memungkinkan ilmuwan untuk lebih memahami seberapa lengket perkembangan telapak kaki tokek.

        Studi tersebut direncanakan diterbitkan di dalam terbitan mendatang  jurnal Zoological Scripta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: