Chaidarabdullah’s Weblog

MILIARAN DOLAR DIPERLUKAN PER TAHUN GUNA PERANGI KRISIS PANGAN

Posted on: Juni 5, 2008

        Tak kurang dari 15 miliar hingga 20 miliar dolar AS akan diperlukan setiap tahun guna membantu memerangi krisis pangan di tengah harga yang membubung.

        “Sumber daya baru yang mendasar akan diperlukan, barangkali sebanyak 15 miliar hingga 20 miliar dolar AS per tahun sementara upaya kita meningkat,” kata Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon di Roma, Rabu,  pada suatu taklimat di sisi pertemuan tingkat tinggi dunia mengenai krisis pangan yang dituan-rumahi oleh Organisasi Pertanian dan Pangan PBB (FAO), sebagaimana diberitakan.

        Ban mengatakan kebanyakan uang itu akan berasal dari negara yang berkepentingan, tapi donor bilateral, PBB, Bank Dunia, Dana Moneter Internasional (IMF), Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) dan bank pembangunan juga perlu memberi sumbangan.  
   Dalam strategi jalur-ganda yang dijabarkan Selasa guna menanggulangi harga pangan yang membubung, Sesjen PBB tersebut mendesak masyarakat dunia untuk melakukan tindakan segera guna meningkatkan ketersediaan pangan bagi rakyat yang rentan untuk jangka pendek, dan menyerukan lebih banyak penanaman modal di bidang pertanian, terutama di negara berkembang, sebagai penyelesaian jangka panjang. 
   “Kita tak boleh hanya menangani gejala masalah jangka pendek –yaitu harga pangan yang melangit. Kita harus memusatkan perhatian pada penyebab masalahnya; bertahun-tahun diabaikannya sektor pertanian di seluruh dunia, dan kurangnya penanaman modal dalam meningkatkan produksi,” kata Ban pada suatu taklimat.

        Ia memperingatkan bahwa untuk menjamin keamanan pangan dunia ialah perang yang harus ditaklukkan. 
   “Ini adalah perang yang kita tak boleh kalah. Musuhnya adalah kelaparan. Kelaparan menurunkan semua yang telah kita perjuangkan selama beberapa tahun dan dasawarsa belakangan,” katanya.

        Program Pangan Dunia PBB (WFP), Rabu, mengumumkan bahwa organisasi tersebut akan menggulirkan tambahan 1,2 miliar dolar AS dalam bantuan pangan guna membantu puluhan juta orang di lebih dari 60 negara yang paling parah dilanda krisis pangan mendesak.

        “Dengan membubungnya harga bahan bakar dan makanan, kelaparan membayang dan kita harus bertindak sekarang,” kata Direktur Pelaksana  WFP Josette Sheeran dalam suatu pernyataan. “Jika kita tak segera bertindak, angka dasar satu miliar akan menjadi angka dasar dua miliar hanya dalam satu malam saat daya beli mereka terpangkas separuh akibat berlipatnya harga bahan bakar dan pangan.”
   Organisasi yang berpusat di Roma itu berencana menyediakan sebesar 5 miliar dolar As guna membantu hampir 90 juta orang di 78 negara pada tahun ini.  
   Direktur Jenderal FAO Jacques Diouf mengatakan pada suatu taklimat bahwa Bank Pembangunan Islam akan mengeluarkan 1,5 miliar dolar AS bagi sektor pertanian di negara paling miskin.

        Presiden Bank itu Ahmad Mohamed Ali mengatakan uang tersebut bukan dimaksudkan sebagai bantuan darurat untuk menangani kekurangan pangan atau harga yang melonjak, tapi akan digunakan untuk membeli bibit dan pupuk buat petani serta mendanai penelitian guna memberi hasil.

        Pertemuan puncak tiga hari tersebut, yang diluncurkan Selasa, adalah reaksi global pertama terhadap lingkaran kenaikan harga pangan baru-baru ini, dengan tujuan memperoleh janji donor bagi bantuan darurat sebagai penyelesaian jangka pendek dan juga untuk menggerakkan strategi jangka lebih lama guna memelihara produksi pangan.   

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: