Chaidarabdullah’s Weblog

KEPALA INTELIJEN MESIR-HAMAS BAHAS GENCATAN SENJATA DI JALUR GAZA

Posted on: Juni 16, 2008

 

        Kepala intelijen Mesir Omar Suleiman, Ahad (15/6/08), mengadakan pembicaraan dengan delegasi HAMAS, yang mengunjungi negerinya, mengenai kemungkinan gencatan senjata antara kelompok pejuang Palestina itu dan Israel.

        Suleiman, yang bertuga melakukan upaya penengahan, memberi penjelasan kepada delegasi HAMAS mengenai posisi Israel sehubungan dengan gencatan senjata yang diusulkan di Jalur Gaza, kata satu sumber sebagaimana dilaporkan kantor berita Mesir, MENA.

        Pertemuan itu adalah babak paling akhir penengahan Mesir mengenai gencatan senjata Palestina-Israel.  
   Tak lama setelah pertemuan tersebut, delegasi HAMAS menghubungi pemimpin HAMAS Khaled Meshaal di Suriah dan pemimpin senior lain HAMAS guna memberitahu mereka mengenai hasil pembicaraan dengan Suleiman.

        Delegasi HAMAS tersebut, yang dipimpin oleh Wakil Kepala Politbiro kelompok itu Mussa Abu-Marzouk, tiba di Kairo, Sabtu malam (14/6/08), untuk mendengarkan penjelasan mengenai tanggapan Israel.

        Babak baru pembicaraan dijadwalkan diselenggarakan 16 Juni guna membahas posisi HAMAS mengenai gencatan senjata, demikian antara lain isi pernyataan tersebut.  
        Mesir mengusulkan gencatan senjata itu beberapa bulan lalu guna mengurangi serangan Israel dan mencabut penutupan yang diberlakukan Israel atas Jalur Gaza sejak setahun lalu, menyusul pengambil-alihan wilayah tersebut secara paksa oleh HAMAS.

        Ahad pagi (15/6/08), jurubicara HAMAS mengatakan kelompok itu berharap tanggapan Israel atas gencatan senjata yang ditawarkan Mesir tersebut akan positif.

        “Kami harap semuanya memberi sumbangan bagi pencabutan blokade dan diakhirinya agresi terhadap rakyat kami,” kata jurubicara HAMAS Fawzi Barhoum.        
        Pada hari yang sama, HAMAS mengecam kunjungan Menteri Luar Negeri AS Condoleezza Rice ke Israel dan Tepi Bara Sungai Jordan, dan menyebutnya tak berguna serta menyia-nyiakan waktu.    
        Fawzi Barhoum, dalam suatu pernyataan tertulis yang dibagikan kepada wartawan, mengatakan kunjungai Rice dan pertemuannya dengan para pejabat Palestina “takkan membawa kebaikan apa-apa bagi rakyat Palestina”.

        “Rice datang ke wilayah ini untuk melakukan tekanan atas Presiden (Mahmoud) Abbas dan merusak upaya yang ditujukan untuk melancarkan dialog menyeluruh Palestina,” kata Barhoum.

        Abbas pada 4 Juni menyerukan dilancarkannya dialog menyeluruh di kalangan semua kelompok politik Palestina, termasuk Fatah dan HAMAS. Para pemimpin HAMAS menyambut-baik seruan Abbas dan menyatakan Gerakan Perlawanan Islam tersebut siap berdialog kapan saja dan di mana saja.

        Rice, yang bertemu dengan Menteri Luar Negeri Israel Tzipi Livni di Jerusalem, Ahad pagi, tiba di Ramallah dan mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri pemerintah sementara Salam Fayyad. Ia belakangan dijadwalkan bertemu dengan Abbas.

        Rice tiba di wilayah itu Sabtu malam, kunjungan keenamnya tahun ini guna menindak-lanjuti kemajuan dalam pembicaraan perdamaian Palestina-Israel –yang dilanjutkan November lalu dengan penengahan AS. Pembicaraan tersebut dimaksudkan untuk berakhir dengan “berdirinya negara Palestina berdampingan dengan Israel”.

        Namun, hanya beberapa hari sebelum kunjungannya, Israel mengumumkan satu rencana untuk membangun 1.300 rumah baru buat pemukim Yahudi di Jerusalem timur, pukulan baru terhadap pembicaraan perdamaian.

        “Rice memimpin satu proyek yang sangat berbahaya di wilayah itu yang melayani kepentingan kebijakan luar negeri AS … ,” kata Barhoum.

        Ia mengatakan Presiden Abbas “kini berhadapan dengan cobaan baru untuk menghadapi tekanan dan tantangan semacam itu.” Ditambahkannya, “Ia (Abbas) mesti selalu ingat pada kepentingan tertinggi rakyatnya dan dasar hukum mereka.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: