Chaidarabdullah’s Weblog

KENTANG DIDUGA PEGANG KUNCI DALAM PENGOBATAN ALZAHEIMER

Posted on: Agustus 16, 2008

        Virus yang biasa menyerang kentang memiliki kesamaan yang luar biasa dengan virus pada protein utama yang menyebabkan penyakit Alzheimer (AD), dan beberapa peneliti AS telah menggunakan virus itu untuk mengembangkan antibody yang dapat memperlambat atau mencegah munculnya AD, demikian laporan Journal of Biological Chemistry, terbitan 15 Agustus 2008.

        Para peneliti tersebut dari Case Western Reserve University, katanya, melaporkan bahwa mereka menggunakan konsep itu pada protein seperti “amyloid” yang ditemukan dalam virus kentang (PVY).

        Amyloid adalah istilah umum bagi penggalan protein yang dihasilkan tubuh secara normal.

        Mereka menyuntikkan PVY ke dalam tikus dan diikuti dengan pemberian dorongan setiap bulan selama empat bulan. Para peneliti tersebut mendapati bahwa tikus itu menghasilkan tingkat antibody yang kuat yang dapat terikat pada proten beta amyloid pada sampel tisu dan cairan pada pasien Alzheimer.

        Studi pada tikus telah menunjukkan bahwa vaksinasi dengan protein beta amyloid (yang dipercaya sebagai penyumbang utama AD) untuk menghasilkan antibody dapat memperlambat perkembangan penyakit dan meningkatkan fungsi kognitif, barangkali dengan meningkatkan penghancurkan  amyloid plaque.

        Sebagian ujicoba awal pada manusia telah cukup menjanjikan, tapi harus dihentikan karena resiko terhadap “autoimmune encephalitis”.    
   Satu cara untuk membuat vaksinasi Alzheimer lebih aman ialah untuk menggunakan protein yang sangat erat pada, tapi bukan manusia, sebagai vaksin, yang sangat mirip dengan penggunaan virus cacar sapi untuk imunisasi cacar.

        Tim peneliti tersebut, sebagaimana dilaporkan kantor berita China, Xinhua, menyatakan virus kentang adalah infeksi yang sangat umum yang tak menimbulkan resiko bagi manusia (banyak orang barangkali telah memakan kentang yang terinfeksi PVY).

        Meskipun ujicoba antibody PVY akhirnya akan memastikan betapa bermanfaatnya semua itu, percobaan tersebut mungkin menjadi petunjuk yang menjanjikan untuk mengobati penyakit yang melemahkan tenaga itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: