Chaidarabdullah’s Weblog

AHLI BIOLOGI AS TEMUKAN SPESIES BARU SEMUT DI HUTAN HUJAN AMAZON

Posted on: September 16, 2008

    University of Texas, Senin (15/9/08), mengumumkan bahwa ahli biologi Christian Rabeling menemukan spesies baru semut predator, bawah tanah yang buta di hutan hujan Amazon, yang diduga sebagai keturunan dari semut yang pertama kali berevolusi.


    Semut baru tersebut diberi nama Martialis heureka, yang secara harfiah diterjemahkan jadi “semut dari Mars”, karena semut itu memiliki kombinasi sifat khas yang tak pernah dicatat sebelumnya. Semut tersebut menyesuaikan diri untuk tinggal di tanah, semut itu memiliki panjang dua atau tiga milimeter, berwarna pucat, dan tak memiliki mata serta rahang besar, yang diduga oleh Rabeling dan rekannya digunakan untuk menangkap korban.
    Semut itu juga berasal dari sub-keluarga barunya sendiri, satu dari 21 sub-keluarga semut. Itu adalah untuk pertama kali satu subkeluarga baru semut yang pernah ditemukan sejak 1923 –sub-keluarga baru yang lain telah ditemukan dari fosil semut.
    Rabeling mengatakan temuannya akan membantu ahli biologi lebih memahami keragaman dan evolusi semut, yang berlimpah dan secara ekologi adalah serangga penting.      
    “Temuan ini mengisyaratkan kekayaan spesies tersebut, dan mungkin memiliki kepentingan evolusi yang sangat besar, yang masih tersembunyi di tanah di bagian lain hutan hujan itu,” tulis Rabeling dan penulis lain dalam domumen yang melaporkan temuan mereka pekan ini di dalam Proceedings of the National Academy of Sciences sebagaimana diberitakan media internasional.

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: