Chaidarabdullah’s Weblog

AHMADINEJAD: IRAN SIAP BEREAKSI MENYENANGKAN BAGI TANDA POSITIF AS

Posted on: Oktober 8, 2008

     Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad, Selasa, mengatakan Iran akan bereaksi secara baik terhadap tanda positif dari negara musuh politiknya, Amerika Serikat.


    “Pendirian kami tetap sama: kami akan bereaksi secara menyenangkan bagi setiap tanda positif (oleh AS) yang menunjukkan keinginan berkomunikasi dengan dasar saling menghormati dan keadilan,” kata Ahmadinejad kepada stasiun televisi resmi negerinya dalam suatu wawancara, sebagaimana dilaporkan  media massa internasional.
    “Kami dapat memiliki era baru (bersama AS) atau melanjutkan status quo … kami harus menunggu dan menyaksikan perkembangan menyusul pemilihan (presiden AS),” katanya.
    Ahmadinejad dalam beberapa kesempatan menunjukkan keinginannya untuk setidaknya melanjutkan pembicaraan dengan Washington setelah hampir tiga dasawarsa permusuhan politik dan pemutusan hubungan diplomatik.
    Meskipun berusaha tetap bersikap diplomatis mengenai pemilihan umum AS, telah menjadi rahasia umum di Iran bahwa Teheran mendukung calon dari partai Demokrat Barack Obama, yang pendiriannya ke arah Iran dipandang sebagai tak terlalu keras dibandingkan dengan calon dari partai Republik John McCain.
    Banyak pengulas politik di Teheran percaya bahwa pertikaian saat ini seperti program nuklir kontroversial Iran atau tuduhan mengenai campur-tangan agen dinas intelijen Iran di Irak dan Afghanistan hanya dapat diselesaikan melalui pembicaraan langsung antara Teheran dan pemerintah berikutnya AS.
    Ahmadinejad dan pemerintahnya  meskipun juga mengeluarkan kata-kata pedas terhadap AS, yang seringkali dirujuk sebagai Setan Besar, memilih untuk melibatkan AS bersama Uni Eropa dalam pembicaraan yang bertujuan menyelesaikan semua pertikaian itu.

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: