Chaidarabdullah’s Weblog

PENYELIDIKAN MILITER DAPATI 33 WARGA SIPIL TEWAS DI AFGHANISTAN

Posted on: Oktober 9, 2008

        Militer AS dalam waktu dekat diduga akan mengakui bahwa serangan udara Agustus di Afghanistan barat menewaskan tak kurang dari 33 warga sipil, jauh lebih banyak dibandingkan dengan hanya beberapa korban jiwa yang mulanya dilaporkan, demikian laporan CNN, Rabu (8/10/08).

 

        Serangan udara di Kabupaten Shindand di provinsi Herat, Afghanistan barat, juga menewaskan 20 pejuang, kata beberapa pejabat AS yang mengetahui laporan itu –yang akan segera disiarkan.

        Sebaliknya, penilaian dari pemerintah Afghanistan dan Misi Bantuan PBB di Afghanistan menyimpulkan bahwa 90 warga sipil tewas –kebanyakan perempuan dan anak-anak.  
   Militer AS mulanya menyatakan “hanya lima sampai tujuh” warga sipil tewas.      
   Tetapi ketika gambar dari telefon genggam belakangan diberikan kepada militer AS dan memperlihatkan puluhan mayat di tempat serangan, komandan militer AS di Afghanistan, David McKierman, memerintahkan penyelidikan baru.

        “Penyelidikan dilakukan untuk mengetahui sebanyak 22 korban tewas di pihak gerilyawan dan 33 sipil akibat akibat operasi di Azizabad, yang berbeda dengan keterangan awal penyelidikan pimpinan AS dan dari organisasi lain di Afghanistan,” kata komando pasukan AS dalam suatu pernyataan.

        Brigadir Jenderal Michael Callan, yang memimpin penyelidikan tersebut, juga mendapati bahwa “pasukan koalisi bertindak atas dasar keterangan intelijen yang dapat dipercaya, dalam membela diri, dan sejalan dengan ketentuan perang dan peraturan bertindak yang dipahami”, kata komando itu.

        Pasukan khusus AS mengerahkan dukungan udara setelah mereka dan tentara Afghanistan “ditembaki” dari satu tempat yang diduga sebagai persembunyian Taliban di Azizabad di provinsi Herat, Afghanistan barat, pada 22 Agustus.

        Satu pesawat AC-130 yang bermeriam kemudian menyerang kompleks tersebut.

        Peristiwa itu meningkatkan ketegangan antara pemerintah Afghanistan dan Amerika Serikat mengenai peningkatan jumlah korban jiwa sipil dalam berbagai operasi AS dan NATO.

        Peristiwa itu, yang paling akhir dari serangkaian kejadian yang merenggut korban jiwa sipil, mengundang tuduhan berang dari Presiden Hamid Karzai setelah beberapa pejabat Afghanistan dan PBB melaporkan bahwa 90 warga sipil telah jadi korban.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: