Chaidarabdullah’s Weblog

RATUSAN SPESIES BARU MARITIM DITEMUKAN

Posted on: Oktober 11, 2008

        Ratusan spesies baru maritim dan ngarai serta gunung bawah laut yang sebelumnya tak terpetakan telah ditemukan di dasar Samudera Selatan, kata beberapa ilmuwan Australia, Rabu.

        Sebanyak 274 spesies ikan, karang purba, kerang, hewan berkulit keras dan bunga karang yang baru bagi ilmu pengetahuan di perairan es hingga kedalaman 3.000 meter di antara gunung es yang punah, kata mereka.

        Para ilmuwan tersebut memetakan gunung bawah laut sampai setinggi 500 meter dan ngarai yang lebih lebar dari Grand Canyon untuk pertama kali, kata lembaga milik pemerintah, Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation (CSIRO).

        Temuan tersebut dihasilkan di kandungan maritim 100 mil laut di sebelah selatan pulau Tasmania, Australia, selama dua pelayaran CSIRO pada November 2006 dan April 2007, dengan menggunakan teknologi video dan sonar baru serta pengambilan contoh dasar laut.

        Saat mengumumkan temuan tersebut di ibukota Tasmania, Hobart, ilmuwan CSIRO Kate Wilson mengatakan lebih banyak yang diketahui mengenai permukaan Mars dibandingkan dengan kedalaman samudera di dunia.

          
   “Di perairan Australia, misalnya, lebih dari 40 persen makhluk yang dibawa ke permukaan oleh ilmuwan kita dalam satu pelayaran temuan tak perna dilihat sebelumnya,” kata wanita ilmuwan itu.

        Sebanyak 123 gunung bawah laut ditemukan, kata tenaga ahli CSIRO Nic Bax, yang menyatakan gunung tersebut adalah tempat tinggal ribuan hewan laut dalam.

        “Semua itu benar-benar apa yang kita sebut hutan hujan laut dalam, semuanya menyediakan daerah tempat sangat banyak spesies berkumpul dan itu sungguh unik di dalam lingkungan hidup laut dalam,” katanya.

        Di kedalaman Samudera Selatan, yang dingin, “apa saja tumbuh sangat lambat sehingga ketika anda memandang satu terumbu karang yang mungkin setinggi dua meter, juga mungkin berusia 300 tahun atau bahkan lebih,” kata Bax.

        “Jadi anda akhirnya menyaksikan kondisi yang sangat tua di dalam sana. Anda dapat melihat terumbu karang yang mungkin sudah ada 2.000 tahun lalu di dalam sana,” katanya.

        Banyak ilmuwan mengatakan hanya satu bagian kecil samudera Australia telah dieksplorasi dengan cara seperti itu dan mereka hanya dapat berspekulasi mengenai keragaman hayati yang tersembunyi di bawah air.

        “Kami tidak mengetahui berapa banyak spesies di sana, dan kebanyakan spesies yang kami dapat hanya kami tangkap satu kali,” kata Bax.

        Menteri Lingkungan Hidup Peter Garret menggambarkan hasil tersebut sebagai “hari yang menakjubkan bagi ilmu pengetahuan Australia”.  
   “Luar biasa untuk memperkirakan bahwa kita telah mengirim orang ke bulan dan kira sangat mengenal demikian banyak bagian planet, kita memiliki Google Earth dan di sini lah kita, kita memperoleh beberapa bagian planet yang tak pernah terlihat atau dieksplorasi sebelumnya,” katanya kepada radio nasional.

        Menteri itu mengatakan penelitian tersebut akan membantu upaya untuk melestarikan keragaman hayati samudera.    
   “Itu akan memberitahu ilmuwan karena semua itu menambah dalam pengertian mereka mengenai dampak perubahan iklim yang mungkin terjadi, arus air, dan dampak temperatur air pada keragaman spesies,” kata Garrett.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: