Chaidarabdullah’s Weblog

ILMUWAN PERINGATKAN SOAL POTENSI RESIKO KESEHATAN DARI ALAT MUSIK SWA-DENGAR

Posted on: Oktober 14, 2008

         Menggunakan alat musik swa-dengar pada volume tinggi dalam waktu cukup lama dapat mengakibatkan kerusakan pendengaran permanen, demikian peringatan beberapa ilmuwan Uni Eropa (UE), Senin (13/10/08).

        Lima sampai 10 persen pengguna alat musik swa-dengar menghadapi resiko kehilangan pendengaran permanen, jika mereka mendengarkan musik dari alat itu selama lebih dari satu jam per hari setiap pekan dengan pengaturan volume tinggi sedikitnya selama kurun waktu lima tahun, demikian pendapat Komite Ilmiah UE mengenai Kemunculan Resiko Kesehatan yang Diidentifikasi yang disiarkan Senin.

        Komite itu memberi pendapat setelah Komisi Eropa memintanya mengkaji masalah kesehatan, mengingat penggunaan luas alat musik swa-dengar dan melonjaknya jumlah pemuda yang terpajan bagi suara semacam itu.

        Komisi tersebut, badan pelaksana UE, menyatakan akan mengkaji tindakan yang mungkin guna melindungi anak-anak dan remaja dengan lebih baik dari pajanan terhadap suara dari alat musik swa-dengar dan perangkat serupa yang lain.

        Komisi tersebut menyelenggarakan konferensi pada awal 2009 di Brussels guna menilai temuan Komite Ilmiah itu bersama negara anggota UE, kalangan industri, konsumen dan pemegang saham lain.

        Seminar tersebut direncanakan membahas langkah pencegahan yang dapat dilakukan pengguna, serta penyelesaian teknis guna memperkecil kerusakan pendengaran dan perlunya peraturan lebih lanjut atau pengubahan standard keselamatan yang ada untuk melindungi konsumen.

        “Temuan ilmiah itu menunjukan resiko yang jelas dan kita perlu bereaksi cepat. Yang paling penting, kita perlu meningkatkan kesadaran konsumen dan menyebarkan keterangan ini kepada masyarakat. Kita perlu memperhatikan kembali penerapan pengawasan, sehubungan dengan alat ilmiah ini, guna memastikan semuanya sepenuhnya berlaku dan mengimbangi langkah teknologi,” kata Komisarir Urusan Konsumen UE Meglena Kuneva.

        Dalam beberapa tahun belakangan, penjualan alat musik swa-dengar telah melonjak, terutama MP3. Secara keseluruhan di UE, rata-rata 50 juta sampai 100 juta orang diperkirakan mendengarkan alat musik yang mudah dibawa tersebut setiap hari, demikian laporan kantor berita China, Xinhua.

1 Response to "ILMUWAN PERINGATKAN SOAL POTENSI RESIKO KESEHATAN DARI ALAT MUSIK SWA-DENGAR"

MATUR SEMBAH NUWUN PAWARTOSIPUN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: