Chaidarabdullah’s Weblog

MINUM ALKOHOL BERHUBUNGAN DENGAN VOLUME OTAK YANG LEBIH KECIL

Posted on: Oktober 14, 2008

    Makin banyak alkohol yang diminum seseorang, makin kecil volume otaknya, demikian suatu laporan yang disiariakn dalam jurnal AS, Archives of Neurology, terbitan Oktober.


    Volume otak berkurang sejalan dengan bertambahnya usia, yang diperkirakan 1,9 persen per dasawarsa, dengan disertai oleh peningkatan “lesion” putih, demikian keterangan latar-belakang dalam artikel tersebut. “Lesion” adalah jaringan tidak normal yang ditemukan di dalam organisme, biasanya yang rusak oleh penyakit atau trauma.
    Volume otak yang lebih rendah dan “lesion” putih yang lebih besar juga terjadi sejalan dengan perkembangan “dementia” dan gangguan berfikir, belajar, dan ingatan.
    Konsumsi alkohol dalam jumlah sedang telah berhubungan dengan resiko lebih rendah serangan jantung; karena otak menerima darah dari sistem itu, para ahli telah memperkirakan bahwa alkohol dalam jumlah sedikit juga mungkin menipiskan kecenderungan yang berhubungan dengan usia pada volume otak.
    Para peneliti dari Wellesley College, Massachussett dan rekannya mempelajari 1.859 orang dewasa –rata-rata berusia 60 tahun. Antara 1991 dan 2001, peserta studi itu menjalani “magnetic resonance imaging” (MRI) dan pemeriksaan kesehatan. Mereka melaporkan jumlah alkohol yang mereka konsumsi per pekan, serta usia, pendidikan mereka, dan faktor lain.
    “Kebanyakan peserta melaporkan konsumsi alkohol dalam jumlah kecil, dan pria lebih mungkin dibandingkan dengan perempuan untuk menjadi peminum sedang atau berat,” kata penyusun tulisan itu sebagaimana dilaporkan kantor berita Xinhua. “Ada hubungan linear negatif yang mencolok antara konsumsi alkohol dan volume total otak.”
    Meskipun pria lebih mungkin untuk meminum alkohol, hubungan antara minum alkohol dan volume otak lebih kuat pada perempuan, kata mereka.
    Itu diduga terjadi akibat faktor biologi, termasuk ukuran otak perempuan lebih kecil tapi kerentanan lebih besar terhadap dampak alkohol.      
    “Dampak kesehatan masyarakat studi ini memberi pesan jelas mengenai bahaya yang mungkin ada dalam meminum alkohol,” kata penulis artikel tersebut.
    “Studi longitudinal prospektif diperlukan untuk mengkonfirmasi hasil ini serta memastikan apakah ada konsekuensi fungsional yang berhubungan dengan peningkatan konsumsi alkohol,” katanya.
    Studi itu menunjukkan bahwa, tak seperti hubungan dengan penyakit jantung, konsumsi alkohol tak memiliki dampak perlindungan pada volume otak.

Tag:

1 Response to "MINUM ALKOHOL BERHUBUNGAN DENGAN VOLUME OTAK YANG LEBIH KECIL"

Otak adalah sesuatu yang penting dalam hidup kita. Bagian tubuh kita inilah yang membedakan kita dari makhuk Allah lain (walau makhluk lain juga punya otak, tapi khan tidak sekompleks otak kita). Sekarang sudah terbukti khan apa yang dilarang Allah dapat merusak tubuh manusia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: