Chaidarabdullah’s Weblog

PEMERIKSAAN DARAH SEDERHANA RAMALKAN KONDISI KEGEMUKAN

Posted on: November 1, 2008

           Menurut satu penelitian baru oleh beberapa ilmuwan AS, perubahan dalam tingkat triglyceride darah setelah seseorang mengkonsumsi makanan berlemak menunjukkan kerentanan seseorang terhadap kegemukan yang disebabkan oleh makanan.

        Temuan tersebut, yang disiarkan di dalam International Journal of Obesity dan dapat ditemukan di Washington, Jumat (31/10/08), membuka pintu bagi metode baru untuk mengidentifikasi orang, termasuk anak-anak, yang menghadapi resiko menjadi kegemukan.

        Trygleride adalah suatu bentuk lemak yang dibawa di dalam darah dan disimpan di dalam jaringan lemak tubuh. Zat itu ditemukan pada makanan dan juga diproduksi oleh tubuh.

        “Temuan ini menunjukkan kita mungkin pada suatu hari dapat menggunakan pemeriksaan darah sederhana untuk mengenali mereka yang beresiko kegemukan,” kata penulis senior Mark Friedman, peneliti di Monell Center sebagaimana dilaporkan kantor berita China, Xinhua.

        “Kemampuan untuk mengidentifikasi orang yang lebih mudah terserang akan membuka kemungkinan untuk menjadikan sebagai sasaran sumber pencegah kegemukan pada orang yang paling memerlukannya.”
   Sebagian wabah kegemukan global diduga disebabkan  oleh konsumsi makanan berkarbohidrat dan berkadar lemak tinggi, yang mendorong bertambahnya berada badan.

        Kecenderungan untuk bertambahnya berat badan dan menjadi kegemukan ketika seseorang mengkonsumsi makanan berkadar lemak tinggi setidaknya sebagian dikendalikan oleh gen, dan sebagian orang memperoleh tambahan berat badan lebih banyak dibandingkan orang lain sewaktu mereka mengkonsumsi makanan yang sama.

        Para peneliti tersebut memeriksa tikus untuk mengetahui kerentanan terhadap kegemukan yang ditimbulkan oleh makanan dengan mengukur peningkatan kondisi triglyceride setelah satu kali konsumsi makanan berkadar lemak tinggi. Mereka kemudian memberi makan tikus-tikus tersebut dengan makanan berkadar lemak tinggi selama empat bulan ke depan.  
   Mereka dapat meramalkan hewan mana yang akan menjadi kegemukan selama masa empat bulan dengan mengkaji reaksi metabolis sebelumnya bagi makanan berkadar lemak tinggi: makin kecil triglyceride berubah, makin besar berat badan bertambah.

        Saat ini tak ada penanda biologi sederhana untuk meramalkan kerentanan terhadap kegemukan yang disebabkan oleh makanan, sehingga tak ada ujicoba klinis yang membantu dokter mengidentifikasi mereka yang beresiko menjadi kegemukan.

        Temuan saat ini menunjukkan bahwa perubahan dalam tingkat triglyceride darah pada suatu hari mungkin digunakan sebagai alat untuk itu.

        Studi masa depan akan diperlukan menyusul penyelidikan menyeluruh mekanisme di balik perbedaan dalam perubahan triglyceride darah.

1 Response to "PEMERIKSAAN DARAH SEDERHANA RAMALKAN KONDISI KEGEMUKAN"

Terima kasih atas infonya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: